Kumpulan Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Singkat Terbaik

Lagi ada tugas sekolah untuk membuat cerpen? Atau kamu memang suka baca-baca cerita pendek untuk mengisi waktu luang? Pas banget, karena sekarang kamu sudah berada di halaman yang berisikan kumpulan contoh cerpen singkat terbaik.

Di halaman ini kalian bisa temukan 25 contoh cerpen terbaik tentang persahabatan, cinta, pendidikan, lucu dan cerita pendek lainnya yang hampir seluruhnya kami buat sendiri.

Selain dalam bahasa indonesia, ada juga cerita pendek dalam bahasa inggris lengkap beserta artinya.

Tapi sebelum langsung ke poin utama dari topik bahasan, sedikit saya singgung terlebih dahulu apa itu cerpen menurut pengertian KBBI dan pengertian dari para ahli.

Pengertian

Menurut KBBI: Cerpen adalah sebuah tulisan mengenai kisah yang pendek yang isinya tidak melebihi dari 10 ribu kata, yang berisi mengenai seorang tokoh.

Menurut Wikipedia: Cerpen adalah bentuk prosa naratif fiktif yang isi ceritanya pendek, singkat atau langsung ke tujuan.

Selain pengertian di atas, berikut beberapa pengertian dari para ahli.

  • Menurut Sumardjo dan Saini: Cerpen merupakan sebuah cerita yang tidak benar – benar terjadi pada dunia nyata dan ceritanya singkat dan pendek.
  • Menurut Nugroho Notosusanto dalam Tarigan: Cerita pendek atau yang biasa disingkat dengan cerita panjang yang tak lebih dari 5 ribu atau melebihi 17 halaman dengan menggunakan spasi rangkap dan memusat pada satu orang.
  • Menurut J.S Badudu: Cerpen adalah sebuah karangan cerita yang hanya berfokus pada satu kejadian saja.

Ciri-Ciri

1. Jalan Cerita Pendek

Jalan cerita yang pendek merupakan ciri khas yang membedakan antara cerpen dengan karya lain semisal novel. Umumnya cerpen hanya terdiri dari 3 sampai 10 halaman buku dengan jumlah kata tidak lebih dari 10.000 kata dan dapat diselesaikan (dibaca) dengan sekali duduk.

2. Bersifat Fiktif

Cerita yang disajikan pada sebuah cerpen bersifat fiktif yang biasanya hasil dari imajinasi penulis. Kalaupun cerita didasarkan pada pengalaman pribadi, itu hanya bersifat kerangka dan tokoh yang ditampilkan pada cerita pendek tersebut tidak ada dalam dunia nyata.

3. Mengangkat satu alur cerita

Cerpen memiliki alur cerita yang sederhana karena hanya mengangkat satu peristiwa, satu kejadian dan hanya mengangkat kisah satu dua tokoh saja.

4. Bahasa Sederhana & Mudah dipahami

Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-sehari seperti layaknya ketika anda menceritakan suatu peristiwa pada seorang teman.

Selain 4 di atas, ada beberapa lagi ciri lain, hanya saja 4 ciri di atas adalah ciri paling umum yang ada pada sebagian besar genre cerpen.

Cerpen Singkat Tentang Cinta dan Persahabatan

cerpen cinta dan persahabatan

Judul: Cinta Untuk Sahabatku
Karangan: Admin Lastafella

“Aku nggak bisa Jess, bagaimanapun juga Sandi adalah sahabatku sejak kecil. Aku nggak mau melihat ia kecewa karena permasalahan ini”. Ujar Doni sembari merapikan buku di mejanya”.

“Tapi sampai kapan kau akan menutupi kebenarannya Don?!!, kita bukan anak-anak lagi dan Sandi berhak untuk tahu tentang hubungan kita”.

Percakapan antara Jess dan Doni terhenti seketika. Suasana langsung menjadi kaku manakala Sandi secara tiba-tiba masuk ke ruang kelas untuk mengambil bukunya yang tertinggal

Tidak ingin suasana terus kaku, Sandi membuka pembicaraan

“Aku sudah mendengar semua pembicaraan kalian dan sekarang aku mengerti dimana seharusnya aku berdiri.”

“Aku sangat sadar bahwa persahabatan kita diatas segalanya”. Ucap Sandi melanjutkan dengan mimik wajah serius namun tetap tenang

“Meskipun harus ada yang tersakiti, tapi aku yakin ini hanya sesaat dan kalian tidak perlu khawatir tentangku”. “Kalian tidak perlu canggung menjalin hubungan didepanku”.

“Anggap saja masalah ini tidak pernah ada dan aku akan tetap menjadi sahabat kalian, sama seperti masa kita kanak-kanak”.

Ucap Sandi mengakhiri pembicaraan dan beranjak pergi meninggalkan Doni dan Jessy

Contoh Cerita Pendek Islami

Judul: Jalan Menuju Surga
Karangan: Admin Lastafella

Jam menunjukkan pukul 01.14 larut malam ketika aku mendengar Astrid anakku yang berusia 7 tahun mencoba membangunkan ibunya.

Aku yang saat itu masih serius di depan layar komputer, sangat berat rasanya beranjak untuk mencari tahu alasan anakku membangunkan ibunya.

“Mungkin ia mau buang air kecil dan meminta ibunya untuk mengantarkannya”. pikirku

Waktu berlalu dan jam dilayar komputer sudah menunjukkan pukul 02,45 dini hari. “Aku harus segera istirahat, jika tidak…,akun pasti bangun kesiangan dan ketinggalan shalat subuh”. Bisik hatiku

Saat memasuki kamar, istriku terjaga dari tidurnya dan segera membangunkan Astrid.

“Kenapa dibangunkan, kasihan ia begitu nyenyak”, sergahku mencoba dengan halus melarang istriku

“Ia belum shalat Isya”.. Jawabnya singkat

“Tapi ia masih 7 tahun, kewajiban shalat belum jatuh untuknya”. jawabku dalam hati karena kasihan. Namun disisi lain aku membenarkan bahwa ia harus dididik sejak dini untuk shalat.

Istriku masih mencoba membangunkan dengan lembut, tapi Astrid masih belum mampu melawan kantuknya

Sekali lagi aku berusaha dengan halus membujuk istriku. “Sudahlah.. tidurnya terlalu nyenyak, toh ia masih kecil dan baru kali ini ia meninggalkan shalat” ucapku.

“Tadi sebelum kami ketiduran, ia berulang kali mengajakku untuk shalat tapi aku terlalu ngantuk. Dan sekitar jam 1 tadi, ia kembali membangunkanku untuk mengantarnya wudhlu, akhirnya kami ketiduran.” cerita istriku menjelaskan.

“Ternyata itu alasan anakku membangunkan ibunya tadi.” pikirku mengingat-ingat

Istriku kembali menuturkan.. “Kalau nggak dibangunkan, esok pagi dia pasti bertanya dan sedih kenapa tidak dibangunkan untuk shalat isya”

Akhirnya aku membiarkan istriku bersikeras membangunkan Astrid.

Astrid akhirnya bangun. Dengan rasa kantuk yang sangat berat pergi ke kamar mandi untuk wudhu dan shalat

Melihat kejadian tersebut, ada rasa kasihan, bahagia, dan terharu melihat anakku yang meski baru berusia 7 tahun, tapi sangat berat meninggalkan shalat yang sebenarnya belum ada dosa untuk dirinya

Dalam hati aku mengucap Do’a, “Jika amalku belum cukup untuk mengantarkanku ke surga nanti, semoga anakku bisa menjadi syafaat bagiku menuju surga”.

Contoh Cerpen Pendidikan

Contoh Cerpen Pendidikan

Judul: Metode Belajar
Karangan: Admin Lastafella

Randi adalah salah seorang siswa di sekolah menengah atas yang cukup terkenal di Bandung. Aku mengenalnya cukup dekat, karena kebetulan selalu satu kelas dengannya selama mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

“Pembawaannya yang terkesan santai bahkan cenderung malas, menjadikan prestasinya tidak jauh-jauh dari peringkat pertama dari belakang, he..he..

Aku sendiri sedikit merasa heran, mengapa seorang Randi ditempatkan di kelas yang isinya kumpulan siswa-siswi pintar dan memiliki persaingan ketat untuk meraih posisi peringkat 1

Para guru dan teman-teman sekelasnya, termasuk aku sendiri menganggap ia tidak termasuk dalam daftar siswa favorit

Tapi ternyata anggapan kami salah selama ini, karena pada hasil ujian akhir nasional, justru nilai terbaik menjadi milik Randi. “Mungkin ni anak nyontek selama ujian akhir” Pikirku.

Dalam satu kesempatan, akupun bertanya langsung ke Randi

“Hei Rand, gi ngapain, aku mo tanya sesuatu tapi loe jangan tersinggung ya?”

“Pasti loe mo nanya aku dapet nilai tinggi karna nyontek kan? Jawabnya sedikit ketus

“Hmm, baguslah kalo loe udah ngerti, jadi nggak perlu aku jelasin lagi, he..he.. Trus…?

“Gua sekolah bukan untuk cari ranking kelas, tapi nilai ijazah bagus buat modal ke perguruan tinggi yang gua pengen.

“Maksud loe,,?” Tanyaku pura-pura nggak ngerti

“Selama ini gua belajar seperlunya, yang penting naik kelas. Tapi di ujian akhir kemarin, gua benar-benar serius dan metode belajar gua nggak harus jadi kutu buku kaya’ loe “. Sambung randi sambil merogoh kantong celana dan mengeluarkan MP3 player dan menyodorkannya ke aku

Ini apaan? Tanyaku…

“Udah, bawa aja”. “Jawaban dari pertanyaan loe ada di MP3 player itu, ntar loe ngerti sendiri”.

Sampai rumah aku langsung putar MP3 Player yang dikasih randi, sambil bertanya-tanya, apa hubungannya musik mp3 sama metode belajar?

Ga seperti yang aku bayangin, ternyata MP3 player itu isinya rekaman suara Randi berupa rangkuman pertanyaan dan jawaban mata pelajaran

Aku jadi ngerti, ternyata ini yang dimaksud metode belajar randi selama ujian akhir

Cerpen Lucu Singkat

Judul: Tiga Sekawan
Karangan: Admin Lastafella

“Hei Rif, Loe knapa sih diem aja kaya’ cacing kekenyangan”? Kata Beno memulai percakapan

“Lagi boring aja” jawab rifki dengan singkat

“Bukannya loe lagi asik nih lagi jalan ama si Yola”? Frendi ikut menimpali percakapan

“Itu menurut Loe…, nyatanya nggak gitu Bro, Yola tuh protektif banget kaya’ lintah udah nempel dikulit” jawab rifki disambut tawa Beno dan Frendi

“Pantes aja, loe jadi kurus kering gini, kayak tiang bendera”, sahut Beno tertawa lepas

Obrolan mereka terhenti sejenak begitu melihat seorang tante mendekat ke arah mereka

“Yang begini ini nih gua banget”, celetuk Frendi sambil menatap ke arah wanita setengah baya yang sedang berjalan ke arah mereka

“Selera loe rendah banget Frend, liat tante bohay dikit udah kesurupan loe”. Komentar Beno

“Bukan yang didepan Bro, tapi yang gua maksud cewek yang di belakang si bohay”

“Wuihh,, mata loe kaya’ elang mo nyungsep bro, ngeliat aja cewek cantik” Gumam Beno takjub melihat gadis yang berada di belakang tante

Rifki yang nggak bisa lihat cewek bening dikit, langsung pasang wajah sok cool kayak nahan kentut untuk narik simpati

Beda lagi dengan Beno yang main sambar, langsung sok ramah

“Ehm..ehm, mau kemana tante”? tanya beno. “Ini lagi cari alamat rumah pak Said” jawab si tante

“Owh, dek..deket kok tante, biar saya anterin sekalian”. Jawab Beno bersemangat

“Akh nggak usah, terima kasih”. Jawab tante.

“Tunjukin aja jalannya dimana”? Si tante kembali bertanya

“Pokoknya lurus aja tante, nanti ada rumah warna biru muda. Ngomong-ngomong, ini yang sebelah, anaknya tante ya”? Cerocos Beno

“Terima kasih ya dik”. jawab tante sambil hendak beranjak tanpa memperdulikan pertanyaan Beno

“Oya, nggak nyari calon mantu te”? Tanya Beno dengan penuh percaya diri

“Iya lagi cari tapi bukan kayak kamu” Jawab tante cuek dan pergi

Seketika Frendi dan Rifki terbahak-terbahak sambil ngulangin jawaban tante dengan mimik wajah mengejek Beno, “Iya… Tapi bukan kayak kamu” Wha..ha..ha..

Contoh Cerpen Persahabatan Anak

Judul: Sepotong Roti Persahabatan
Karangan: Admin Lastafella

Siang hari itu udara cukup panas, aku hanya duduk memperhatikan beberapa siswi kelas 1 yang cukup menarik perhatianku saat itu.

Mereka adalah Naya & Yanti yang hanya duduk mengemil makanan ringan kesukaan mereka masing-masing

Kulihat Yanti mendekati Naya dan mengucapkan sesuatu, tak lama kemudian Naya menyodorkan air minum miliknya ke Yanti.

Masih kuperhatikan mereka, khususnya Naya yang menurutku sedikit agak pendiam tapi memiliki nilai-nilai persahabatan yang lebih dibanding anak-anak seusianya.

Tidak jauh dari mereka, tampak Linda berjalan mendekati mereka. Dari gerak gerik tubuhnya, tampaknya Linda seperti meminta sesuatu ke Naya.

Benar saja, Naya merogoh kantong baju seragamnya dan memberikan sisa uang miliknya ke Linda.

Sempat aku berfikir, kalau Naya ini memberikan sisa uangnya mungkin karena takut atau entah apa, karena menurutku kebanyakan anak seusia mereka biasanya memiliki kecenderungan “Ini adalah punyaku”.

Tapi yang terlintas dalam pikiranku terbantahkan, saat aku melihat Widya mendekati Naya dan Naya kembali merogoh seluruh kantong seragamnya, tapi tidak ada yang bisa ia berikan ke Widya.

Widya berlalu pergi tapi tiba-tiba Naya memotong roti yang sedang dimakannya dengan kedua tangannya untuk menghilangkan bekas gigitannya dan berlari tergopoh-gopoh menyusul Widya untuk memberikan sepotong roti tersebut ke Widya.

“Owh, Indahnya persahabatan anak-anak, jika saja semua manusia di dunia ini seperti mereka” Gumamku

Contoh Cerita Pendek Lucu Inspiratif

cerita pendek

Judul: Ayah, Anak & Keledai
Karangan: Unknown

Siang hari yang terik itu, Mardi sedang menunggangi keledai kurus bersama anaknya yang berjalan kaki sambil memegangi tali kekang keledai

Tiba di suatu tempat, mereka disoraki oleh sekumpulan orang

“Hei bapak tua, begitu tega kau membiarkan anakmu berjalan kaki sementara itu kau asik duduk di atas keledaimu”.

Merasa tidak enak, Mardi turun dan menyuruh anaknya untuk menaiki keledai

“Naiklah nak, biar bapak sekarang yang berjalan kaki”

Tidak perlu menunggu lama, mereka kembali di cemooh oleh salah seorang warga tetapi kali ini yang jadi sasaran adalah si anak

“Hei nak, apa kau tidak merasa malu menaiki keledai itu dan membiarkan bapakmu yang sudah tua renta itu berjalan kaki?”

Karena merasa bersalah, si anak turun dari keledai mempersilahkan bapaknya untuk naik, tapi Mardi tidak ingin di cemooh lagi seperti kejadian pertama

Akhirnya Mardi memutuskan untuk menaiki keledai bersama anaknya

Sampai di desa seberang, saat mereka melewati sekumpulan anak muda, pak Mardi kembali ditegur

“Pak, apa nggak kasihan tuh keledai dinaiki 2 orang sekaligus”? kata salah seorang pemuda tadi.

Pak Mardi langsung turun dari keledai, begitu juga si anak

“Sepertinya dengan begini kita tidak akan di soraki lagi nak” Ucap Mardi kepada anaknya sambil melanjutkan perjalanan

Ketika sudah hampir sampai ditujuan, pada saat melewati pasar, banyak orang di pasar mengarahkan pandangan aneh ke pak mardi dan si anak yang berjalan kaki sambil memegang tali kekang keledai

“Kenapa tatapan mereka sebegitu aneh ya pak”, kata anak ke bapaknya

Belum sempat menjawab pertanyaan anaknya, pak mardi mendengar salah seorang dari kerumunan pasar tersebut berbisik ke sesama mereka

“Nih bapak sama anak kompak banget yach bego’nya. Bawa keledai bukannya dinaikin, malah jalan kaki”. Ha..ha..ha.. sambut tawa teman-teman disekelilingnya

“Tidak mudah untuk menyenangkan semua orang”, ucap pelan pak mardi kepada anaknya sambil tetap tenang dan berusaha untuk tidak menanggapi ucapan mereka

Contoh Cerpen Dalam Bahasa Inggris

Cerpen Bahasa Inggris

Judul: One Nut and Two Boys
Karangan: Unknown

Two little boys were playing together. One little boy saw a nut on the ground. Before he could pick it the other boy took it.

The first boy demanded, “Give me the nut. It’s mine. I only saw it first”.

The other boy replied, “It’s mine. I only took it”.

This lead to a quarrel between these two little boys. Just then a tall boy came that way. Upon seeing the quarrel between the boys, he said, “Give me the nut and I’ll settle your quarrel”.

He split the nut into two parts. He took out the fruit-seed. He gave one half-shell to one boy and the other half-shell to the other. He put the fruit seed into his mouth and said, “This is for settling your quarrel”.

Sumber: http://www.english-for-students.com/One-Nut-and-Two-Boys.html

Terjemah Dalam Bahasa Indonesia

Judul: Satu Kacang & Dua Anak Laki-Laki
Karangan: Unknown

Dua bocah laki-laki sedang bermain bersama. Seorang anak lelaki kecil melihat kacang di tanah. Sebelum dia bisa mengambilnya, bocah yang lain lebih dulu mengambilnya.

Anak laki-laki pertama menuntut, “Beri kacang itu padaku. Ini milikku. Aku melihatnya lebih dulu”.

Anak laki-laki yang lain menjawab, “Itu milikku. Aku mengambilnya lebih dulu”.

Ini memicu pertengkaran antara kedua bocah lelaki itu. Saat itu seorang anak lelaki jangkung datang ke arah sana. Setelah melihat pertengkaran di antara para bocah lelaki itu, dia berkata, “Beri aku kacang itu dan aku akan menyelesaikan pertengkaranmu”.

Dia membagi kacang tersebut menjadi dua bagian. Dia mengeluarkan biji buah. Dia memberikan satu cangkang pada satu bocah dan satu cangkang yang lain untuk yang lain. Dia memasukkan biji buah ke mulutnya dan berkata, “Ini untuk menyelesaikan pertengkaranmu”.

Seluruh contoh cerpen singkat diatas, bisa kalian gunakan untuk tugas sekolah atau sebagai inspirasi jika ingin membuat cerita pendek sendiri. Sedangkan untuk anda pengelola website, jika salah satu cerpen di atas ada yang menarik dan ingin mempublikasikannya di website kalian, silahkan dengan catatan memberikan link sumber

Tinggalkan komentar