Cara Menggunakan WhatsApp Web (Wa Web) di PC

Beberapa tahun terakhir ini aplikasi perpesanan atau instan message bernama WhatsApp menjadi layanan messenger yang paling banyak digunakan. Di sini saya tidak ingin membahas lebih lanjut terkait cara daftar, tetapi lebih menjelaskan tentang cara menggunakan layanan WhatsApp Web.

Apa itu WA Web? Ini adalah fitur lanjutan dari aplikasi WhatsApp yang mana dengan fitur ini kita dapat mengirim & menerima pesan melalui komputer atau laptop dengan cara mengakses akun WhatsApp di browser.

Selain berupa halaman web di browser, pengguna Desktop seperti PC atau Komputer dan Laptop dapat menikmati layanan ini melalui aplikasi.

Di halaman ini akan kami pandu bagaimana cara menggunakan WhatsApp di PC baik itu lewat browser ataupun via aplikasi Desktop.

Sebelum mulai, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi untuk dapat menggunakan layanan ini secara optimal.

  • Anda sudah memiliki akun WhatsApp dan Aplikasi WA terpasang di ponsel
  • Ponsel yang digunakan: Android, iOS 8.1+, Windows Phone 8.0 dan 8.1, Blackberry 10.
  • Kamera belakang ponsel berfungsi dengan baik
  • Internet stabil
  • Gunakan browser yang direkomendasikan WhatsApp yaitu Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge (tidak untuk anda yang memilih menggunakan aplikasi WA PC)

Jika persyaratan di atas telah terpenuhi, lanjut ke panduan di bawah berikut

1. Cara Menggunakan WhatsApp di PC Menggunakan Aplikasi

Catatan: Aplikasi WhatsApp untuk Windows dekstop hanya untuk OS 8 dan yang lebih baru

Langkah 1: Download dan pasang aplikasi WhatsApp untuk Windows PC dan Mac melalui link berikut https://www.whatsapp.com/download/

Langkah 2: Buka dan login ke akun di ponsel kemudian klik tanda titik tiga lalu pilih WhatsApp Web

Langkah 3: Arahkan kamera belakang ponsel ke QR kode di aplikasi WA

Jika butuh penjelasan lebih detail terkait melakukan pemindaian QR kode bisa anda lihat pada sub judul di bawah karena tidak ada perbedaan langkah antara keduanya.

2. Cara Menggunakan WA Web di PC Tanpa Aplikasi

Langkah pertama: Aktifkan aplikasi WhatsApp di ponsel (sudah dalam kondisi login)

Langkah kedua: Di layar Chat, Ketuk ikon titik tiga lalu pilih WhatsApp Web

Langkah ketiga: Klik DI SINI untuk membuka halaman website

WA Web

Langkah keempat: Arahkan kamera belakang ponsel tepat pada QR kode di situs WhatsApp

Catatan: Proses pemindaian QR kode hanya berlangsung beberapa detik. Pastikan seluruh QR kode dimuat pada kotak di layar ponsel anda.

Tanda pemindaian berhasil adalah getaran diponsel yang selanjutnya tampilan di halaman di browser akan langsung berganti ke profil akun.

Jika pemindaian gagal dan QR kode tidak tersedia, klik pada QR kode untuk memuat ulang, kemudian ulangi kembali pemindaian.

Baca Juga: Cara Menggunakan Telegram Web

Keterangan Fitur

Secara umum fitur lanjutan ini tidak jauh berbeda dengan WhatsApp di ponsel. Yang membedakan hanya pada panggilan video yang tidak tersedia.

Akan tetapi anda masih bisa mengirim pesan suara, mengirim dokumen, video, foto, dan melakukan pengaturan pada akun WhatsApp

Cara Logout di WA Web

Ketika anda mengakses WhatsApp melalui browser yang sudah jelaskan dalam panduan di atas, tepat di bawah QR kode tertera tulisan tetap masuk yang mana secara default sudah dalam kondisi tercentang. Artinya, ketika anda memutuskan untuk menutup browser, akun anda masih dalam kondisi login.

Jika anda mengakses kembali website WhatsApp, maka akan langsung login tanpa harus melakukan pemindaian lagi. Ini juga berarti siapapun yang menggunakan PC tersebut bisa membuka akun tersebut.

Demi keamanan sebaiknya anda keluar dari setiap kali berhenti menggunakan layanan ini. Caranya bisa anda ikuti di bawah berikut

logout whatsapp web

Klik titik tiga di pojok kiri layar PC pada halaman WhatsApp Web kemudian Keluar

Tinggalkan komentar